Entri Populer

11 Nov 2012

CARA MEMELIHARA KELOMANG (BILOLO)) DI AQUARIUM

Yang harus Anda persiapkan :
• Aquarium
• Substrat (sabut kelapa, pasir pantai, pasir halus atau lainnya)
• Tempat makan
• Dua tempat minum ( 1 untuk air tawar & 1 untuk air tawar yg di beri sedikit garam
ikan)
• Hiasan (tanaman plastic, akar / ranting kayu, batu karang, dll).
• Lampu
• Mainan (tali, bola kecil, tempurung kelapa, dll).


Tara's Hermit Crabs (heathrm69) Tags: hermitcrabs picnik crabitat

My Crabitat-6-08 (Michtuckian) Tags: hermitcrabs habitat crabitat landhermitcrabs

 

CRABITAT tidak kalah indahnya dengan AQUASCAPE. Apa itu CRABITAT….singkatan dari Crab Habitat yaitu suatu tempat yang disediakan untuk memelihara crab/kepiting atau biasa disebut ( Land Hermit Crab, Kelomang, Umang-umang, Pongpongan ) dengan desain seperti di alam aslinya.
Merancang crabitat merupakan pekerjaan yang menyenangkan, dan rancangan yang benar akan membuat kelomang peliharaan kita sehat, senang dan bisa berumur panjang.

Silahkan Anda ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

1.siapkan aquarium 
2. Taburkan pasir pantai ( bisa yang lain ) dengan tebal pasir minimal 3 kali ukuran kelomang yang paling besar, misalnya ukuran kelomang yang paling besar 5 cm, maka tebal pasir adalah 15 cm. Semakin tebal pasirnya, semakin senang kelomang. Sebab, ketika kelomang berganti kulit (moulting) dia akan bersembunyi di dalam pasir sampai proses moulting selesai.

3.Letakkan beberapa hiasan sesuai selera

Tips Memelihara Kelomang atau Bilolo :

1. Beri pakan buah yang berair, terutama buah yang berbau harum dan sudah matang (jambu biji, mangga, apel, dll). Sesekali di kasi pakan udang yg dibakar (sangat disukai sekali), tapi jangan terlalu sering, karena kotorannya menyebabkan crabit berbau.

2. Jika cangkang / shell kelomang sudah kotor, bersihkan dengan sikat halus atau kain yang lembut.

3. Sesekali semprotkan air tawar (alat penyemprot diatur supaya air yang keluar seperti kabut), hal ini sangat disukai kelomang, tapi awas, jangan sampai terlalu basah terutama subtract/pasir, sebab bisa menimbulkan jamur yang berbahaya bagi kelomang Anda.

4. Siapkan cangkang/shell dengan 3 ukuran dari kelomang Anda (1 ukuran lebih kecil, 1 ukuran yang sama, dan 1 lebih besar). Kelomang suka berganti ‘rumah’.



Jangan Lupa Kunjungi Tokoh Sentral AQuarium Poso,,,Thanks
ans!!